23 April 2007

WWW = Ketoprak bule????

Miris hati saya melihat iklan WWW Championship di salah satu tv swasta. Bagian awal iklan menyatakan bahwa aksi WWW dilakukan oleh para atlet profesional sehingga tidak boleh ditiru sesuka hati. Tetapi mulai di bagian tengah, iklan mulai mencoba menganalogikan aksi WWW dengan ketropak dan adegan laga di film-film action.

Adegan laga film action dikatakan juga merupakan adegan kekerasan (baca : bela diri) yang dilakukan oleh para aktor/stuntman terlatih. Sedangkan untuk ketoprak dinyatakan bahwa semua pelakon ketoprak biasa melakukan latihan bela diri terlebih dahulu sebelum 'manggung' untuk menjaga kondisi dan kelenturan tubuh mereka.

Yang paling membuat miris adalah di bagian akhir iklan narator menyatakan bahwa karena alasan di atas WWW Championship sama saja dengan ketoprak. Anggap saja WWW Championship adalah ketoprak bule.

Apaaaaaaaaaaa!!!??? Sampai sebegitu putus asanyakah pihak tv swasta tsb mempertahankan ratingnya? Analoginya tidak bisa diterima dari sisi manapun. Bela diri yang dilakukan oleh para pelakon ketoprak adalah bagian dari latihan, bukan untuk dipertontonkan! Jikapun ada adegan perkelahian di ketoprak, sejauh yang pernah saya tonton, semuanya dilakukan dengan perlahan dan jelas sekali merupakan adegan bohongan. Berbeda dengan WWW, yang hampir tidak terlihat bahwa itu adalah tipuan belaka.

Tolong jangan membodohi pemirsa jika tujuan Anda hanya untuk mempertahankan rating tv Anda.

No comments: